Bisnis kosmetik saat ini kian berkembang. Hal ini karena kosmetik tidak hanya digunakan untuk perempuan, laki-laki, sampai orang tua juga telah menggunakannya sebagai perawatan kulit. Namun, cara menentukan target pasar bisnis kosmetik sangatlah penting.
Apa itu target pasar? Target pasar adalah orang-orang yang menjadi sasaran penjualan produk Anda. Dengan adanya target pasar, Anda bisa melakukan branding yang terarah sehingga penjualan lebih efektif dan meningkat.
Manfaat Menentukan Target Pasar
Sebelum lebih jauh mengetahui cara menentukan target pasar bisnis kosmetik, sebaiknya Anda mengetahui manfaat menentukan target pasar, yaitu sebagai berikut.
- Dapat meningkatkan angka penjualan. Hal ini karena berfokus pada target pasar utama sehingga Anda dapat menemukan nilai dari karakter dari produk kosmetik yang Anda jual.
- Lebih mudah berinovasi. Dengan menentukan target pasar, Anda dapat berinovasi lebih mudah kepada produk karena mengetahui apa saja kebutuhan dan minat dari calon konsumen Anda.
- Mudah merencanakan modal yang diperlukan. Hal ini karena perencanaan promosi bisa lebih tercover karena sudah bisa mempersiapkannya jauh-jauh hati.
- Strategi pemasaran bisnis kosmetik lebih efektif karena dapat mengantisipasi persaingan pasar kosmetik. Setelah target pasar diketahui, Anda dapat menganalisis apa yang ditawarkan pesaing dan kekurangan serta kelebihan pada produk tersebut.
- Perencanaan konten promosi yang mudah serta dapat menjalin komunikasi dengan pelanggan dengan mengetahui apa yang dibutuhkan.
Cara Menentukan Target Pasar Bisnis Kosmetik
Pada dasarnya, target pasar untuk produk kosmetik itu tidak sulit dicari. Sebab, produk ini sudah dikenal dan memang dibutuhkan oleh banyak orang, terutama kaum perempuan. Nah, bagaimana cara menentukan target pasar yang tepat dalam bisnis kosmetik? Simak 5 caranya berikut ini.
1. Memahami Karakteristik Brand dan Produk
Hal pertama yaitu memahami ciri-ciri dari brand yang Anda buat. Misalnya, produk Anda memiliki bahan anti aging yang cocok untuk menyamarkan keriput, maka contoh target pasar kosmetik ini cocok untuk kebutuhan wanita dewasa dengan rentang usia 25-40 tahun.
Dengan demikian, produk Anda menjadi solusi yang tepat untuk kebutuhan target calon konsumen Anda. Bisa dikatakan, mengetahui dengan jeli produk yang Anda jual adalah modal awal dan penting. Semakin paham dengan produk yang dijual, semakin besar pula potensi produk Anda terjual.
2. Mengetahui Arus Persaingan
Perhatikan juga bagaimana arus persaingan pasar kosmetik. Tonjolkan hal yang dapat memenangkan hati konsumen untuk membeli produk Anda. Kita tentu bisa melihat secara gamblang jika produk kosmetik itu memiliki arus persaingan yang sangat kuat. Sehingga pertarungan marketing akan sangat sengit terjadi.
Maka dari itu, Anda wajib pertimbangkan dari segi harga, pelayanan, hingga kualitas dari produk Anda. Misalnya, harganya relatif terjangkau sekitar 20-50 ribuan, maka Anda dapat menargetkan usia remaja sampai dewasa. Munculkan inovasi pemasaran agar Anda menang dengan kompetitor.
3. Meningkatkan Komunikasi Secara Online Melalui Medsos
Cara selanjutnya adalah dengan berkomunikasi dengan pelanggan melalui media sosial. Tanyakan dan tampung saran dari pelanggan apa yang mereka butuhkan atau produk apa yang banyak diminati oleh pembeli.
Anda tidak perlu muluk-muluk cari tahu sendiri jika dirasa kurang punya teman di medsos. Anda bisa cari jejak pendapat yang sudah dilakukan orang di internet. Hal tersebut jauh lebih baik dan lebih cepat untuk mencari keinginan konsumen terhadap produk yang Anda jual.
4. Manfaatkan Alat Analytic Keyword
Ada banyak alat analytic untuk mengetahui minat pencarian pengunjung internet atau produk apa yang sedang tren akhir-akhir ini. Anda dapat melihatnya secara gratis melalui Google Trend, Google Analytic, Keyword Tool, dsb.
Dari sana, dapat diketahui apa bahan produk kosmetik yang banyak dicari sampai produk kompetitor apa yang banyak digemari sehingga Anda dapat menentukan target pasar yang tepat.
5. Hasilkan Brand Positioning
Terakhir adalah kegiatan branding. Hal ini untuk menciptakan persepsi produk kosmetik di pikiran pelanggan. Dengan begitu, brand Anda menjadi lebih besar dan lebih mudah untuk menarik konsumen.
Demikian cara menentukan target pasar bisnis kosmetik yang perlu Anda ketahui. Target pasar ini yang nantinya akan memudahkan untuk menemukan pelanggan yang tepat sehingga dapat efektif melakukan penjualan dan promosi.